Mengenal Bencana Alam Gunung Meletus

Hai guys..!!
Bagaimana nih kabar kalian ..!?
Pasti kalian baik-baik saja kan...


pada kesempatan kali ini "from pinka the winner" akan membuat blog tentang Mengenal Bencana Alam Gunung Meletus. semoga blog ini bermanfaat yaa.. bagi kalian :)



1,A. Definisi Gunung Berapi

Gunung berapi atau gunung api secara umum adalah istilah yang dapat didefinisikan sebagai suatu sistem saluran fluida panas yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi, termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat meletus. Suatu gunung berapi merupakan bentukan alam dari pecahan yang terjadi di kerak dari benda langit bermassa planet, seperti Bumi, dimana patahan tersebut mengakibatkan lava panas, abu vulkanik dan gas bisa keluar dari dapur magma yang terdapat di bawah permukaan bumi.
Gunung berapi di Bumi terbentuk dikarenakan keraknya terpecah menjadi 17 lempeng tektonik utama yang kaku yang mengambang di atas lapisan mantel yang lebih panas dan lunak. Oleh karena itu, gunung berapi di Bumi sering ditemukan di batas divergen dan konvergen dari lempeng tektonik. Contohnya, di pegunungan bawah samudra seperti punggung tengah atlantik terdapat gunung berapi yang terbentuk dari gerak divergen lempeng tektonik yang saling menjauh, sementara di Cincin Api Pasifik terbentuk gunung berapi dari gerakan konvergen lempeng tektonik yang saling mendekat. Gunung berapi biasanya tidak terbentuk di wilayah dua lempeng tektonik bergeser satu sama lain.
Letusan atau erupsi gunung berapi dapat menimbulkan berbagai bencana, tidak hanya di daerah dekat letusan. Bahaya dari debu vulkanik adalah terhadap penerbangan khususnya pesawat jet dimana debu vulkanik dapat merusak turbin dari mesin jet. Letusan besar dapat mempengaruhi suhu dikarenakan asap dan butiran asam sulfat yang dimuntahkan letusan dapat menghalangi matahari dan mendinginkan bagian bawah atmosfer bumi seperti troposfer, namun material tersebut juga dapat menyerap panas yang dipancarkan dari bumi sehingga memanaskan stratosfer. Dari sejarah, musim dingin vulkanik telah mengakibatkan bencana kelaparan yang parah.

1,B.  Apakah Gunung Berapi itu?

Banyak orang yg menganggap bahwa gunung berapi adalah gunung berbentuk kerucut dengan lava panas yg mengalir dari atasnya. Gunung dengan ciri-ciri tersebut termasuk dalam gunung berapi tetapi, bagi para vulkanolog ( ilmuan yg mempelajari gunung berapi) gunung berapi adalah sebuah tempat dimana adanya lava panas, abu, dan gas yg muncul dari permukaan bumi. Banyak gunung berapi yg berbentuk kerucut namun, banyak juga gunung berapi yghanya berupa retakan-retakan di atas tanah.  Ada gunung berapi yg memuntahkan aliran lava, ada yg meletus dengan ganas. Aliran lava, semburan abu, dan berbagai efek vulkanis lainnya menjadi penyebab bancana alam yg parah.

  •          Erupsi vulkanik

       Ketika gunung berapi memuntahkan berbagai material dari dalam bumi, gunung                 tersebut mengalami erupsi atau letusan. Letusan dari setiap gunung dapat berbeda-             beda, beberapa gunung berapi ketika meletus akan mehasilkan awan abu yg sangat             besar, sedikit atau tanpa disertai lava. Beberapa di antaranya memuntahkan lava cair           disertai abu. Semua erupsi menghasilkan gas.

  •          Hidup bersama gunung berapi  

Ratusan juta orang di dunia hidup bersama/dekat dengan gunung berapi,     bahkan beberapa kota besar berada didekat gunung berapi. Mengapa begitu?,salah sau alasan pertama adalah tadah di sekitar gunung berapi itu sangatlah subur dan baik untuk pertanian. Alasan lainya adalah keterbatasan tempat tinggal yg membuat tak ada pilihan lain untuk tinggal didekat gunung berapi, selain itu ada alasan lainya yaitubanyak kota2 didirikan sebelum orang2 tau bahwa kota itu tinggal dekat gunung berapi

2. Mengapa Gunung Berapi Meletus

Hasil gambar untuk hidup bersama gunung berapiGunung berapi muncul ketika  Beberapa orang percaya bahwa letusan gunung berapi disebabkan oleh takdir. Sebagian lagi percaya letusan gunung berapi adalah pertanda bahwa suatu gunung marah karena penduduk yang tinggal di dekatnya telah berbuat dosa. Tapi sains punya penjelasan lain. Gunung api adalah saluran yang membawa batuan panas cair yang ada di bawah tanah yang disebut magma. Saluran tersebut membawa magma keluar dari kerak (lapisan padat terluar) Bumi ke permukaan Bumi. Saluran ini memiliki bentuk seperti kerucut, perisai atau kaldera. Di bawah gunung berapi ada kamar magma, sebuah waduk besar berisi batuan cair. Gerakan magma yang meningkat di dalam gunung berapilah yang menyebabkan letusan. Gerakan ini dipicu oleh berbagai proses yang terjadi di bawah, di dalam, dan di atas ruang magma.




sekian dulu ya.. informasi dari ku semoga blog ini sangat bermanfaat bagi kalian para pembaca!!!. salam hangat dariku!.


Keep smile, Keep spirit & To be "the Winner".



Comments

Popular posts from this blog

Cerita di Hari Minggu

Aneka Macam Bando Unik

Aneka Tempat Pensil Unik